Sabtu, 10 September 2011


PERISAN 1

sabtu tanggal 10 september 2011 di area STIKOM surabaya di laksanakan PERISAN yang bertemakan Wawasan Spirit of Life yang berisikan tentang KEWIRAUSAHAAN dan MOTIVASI.

KEWIRAUSAHAN

tujuan seminar ini adalah untuk membangun motivasi entang kewirausahaan dan menumbuhkan kreativitas.arti umum dari kewirausahan adalah Wira artinya semangat, patriot, berani. Sedangkan Usaha yaitu kegiatan/ aktifitas untuk memebuhi kebutuhan hidup.Sebab-sebab munculnya wirausaha dan 3L yang dapat membentu kewirausahaan,yaitu:
a. Keadaan
b. Pengangguran
c. Cinta
  1. Lahir
  2. Lingkungan
  3. dan Latihan
    Objek studi Kewirausahaan
    Kewirausahaan mempelajari tentang nilai kmampuan dan perilaku seseorang dalam berkreasi dan berinovasi. Oelh sebab itu objek studi kewirausahaan adalah nilai-nilai kemampuan seseorang yang diwujudkan dalam bentuk prilaku.
    Menurut Suparman Soemahawidjaya kemampuan seseorang yang menjadi objek kewirausahaan meliputi:

    1. Merumuskan tujuan hidup
    2. Memotivasi diri
    3. Berinisiatif
    4. Berinovasi
    5. Membentuk modal uang/ barang
    6. Membentuk mental yang dilandasi dengan nilai agama
    7. Mengatur waktu dan membiasakan diri
    8. Membiasakan diri untuk mengambil hikma

    INTI KEWIRAUSAHAAN
    1. Inovatif (seorang wirausaha ingin selalu berkembang) berkembangnya tidak terbatas.
    2. Kalkulatif (seorang wirausaha selalu memperhitungkan resiko dan menerima resiko).
    3. Pro aktif/ jemput bola, kerja keras dan jelas


MOTIVASI

motif adalah dorongan
  • segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tetentu.
  • suatu bentuk dorongan minda dan hati yang menjadi penggerak utama seseorang, sesebuah keluarga atau organisasi untuk mencapai apa yang diinginkan.
3 kunci dalam motivasi,yaitu :
  1. Intensitas
  2. Direction
  3. Persistence

Kebutuhan adalah kekurangan yang dirasakan pada waktu tertentu dan suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tanpak menarik.Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen.
Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda.
Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada.
Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, manusia akan berpikir lebih keras dan bergerak untuk berusaha mendapatkannya.
5 tingkatan kebutuhan
  1. Physiologi
  2. Safety
  3. Social
  4. Esteem
  5. Self-actualization

menurut McGregor teori kebutuhan ada 2,yaitu :
  1. Teori X
  2. Teori Y

Teori X
teori X dari McGregor ini bahwa orang-orang ini pada hakekatnya adalah:
    1. Tidak menyukai bekerja 2. Tidak menyukai kemauan dan ambisi untuk bertanggung jawab, dan lebih menyukai diarahkan atau diperintah 3. Mempunyai kemampuan yang kecil untuk berkreasi mengatasi masalah-masalah organisasi. 4. Hanya membutuhkan motivasi fisiologis dan keamanan saja. 5. Harus diawasi secara ketat dan sering dipaksa untuk mncapai tujuan organisasi..
Teori Y
teori Y ini menyatakan bahwa orang-orang pada hakekatnya tidak malas dan dapat dipercaya, tidak seperti yang diduga oleh teori X. Secara keseluruhan asumis teori Y mengenai manusia adalah sebagai berikut:
    1. Pekerjaan itu pada hakekatnya seperti bermain dapat memberikan kepuasan lepada orang. Keduanya bekerja dan bermain merupakan aktiva-aktiva fisik dan mental. Sehingga di antara keduanya tidak ada perbedaan, jira keadaan sama-sama menyenangka. 2. Manusia dapat mengawasi diri sendiri, dan hal itu tidak bisa dihindari dalam rangka mencapai tujuan-tujuan organisasi. 3. Kemampuan untuk berkreativitas di dalam memecahkan persoalan-persoalan organisasi secara luas didistribusikan kepada seluruh karyawan. 4. Motivasi tidak saja berlaku pada kebutuhan-kebutuhan social, penghargaan dan aktualisasi diri tetapi juga pada tingkat kebutuhan-kebutuhan fisiologi dan keamanan. 5. Orang-orang dapat mengendalikan diri dan kreatif dalam bekerja jira dimotivasi secara tepat. Dengan memahami asumís dasar teori Y ini, McGregor menyatakan selanjutnya bahwa merupakan tugas yang penting bagi menajemen untuk melepaskan tali pengendali dengan memberikan desempatan mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing individu. Motivasi yang sesuai bagi orang-orang untuk mencapai tujuannya sendiri sebaik mungkin, dengan memberikan pengarahan usaha-usaha mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
Persiapan dan Perubahan kerja,yaitu :
  1. bentuk sikap dan proaktif
  2. melayani banyak bidang lain
  3. selalu siap berubah
  4. tampil terbaik agar orang lain puas
  5. punya wawasan luas dan minat beragam
  6. peduli keterpaduan kerja
  7. perilaku merefleksi kepribadian
  8. kerja berpikir dan berpikir untuk bekerja
  9. work in plan and plan to work
  10. fun – excitement – dinamik

sekian yang hanya bisa saya ulah kembali saat pertemuan hari sabtu,10 sptember 2011 tentang PERISAN yang bertemakan Wawasan Spirit of Life.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar