Senin, 08 Oktober 2012

KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA



KONSEP DASAR BAHASA INDONESIA



Komunikasa

Komunikasi ada dua, yaitu verbal dan non verbal. Verbal adalah komunikasi langsung atau melalui suatu objek berupa buku atau yang lainnya. Sedangkan non verbal adalah komunikasi yang tak langsung seperti kontak mata, bahasa tubuh, mimic, dan tinggi rendahnya suara. Mimik adalah perubahan raut muka.

Fungsi Komunikasi Nonverbal
Fungsi pertama : Repetisi
            Perilaku nonverbal dapat mengulangi perilaku verbal. Misalnya, Anda menganggukkan kepala ketika mengatakan "Ya," atau menggelengkan kepala ketika mengatakan "Tidak," atau menunjukkan arah (dengan telunjuk) ke mana seseorang harus pergi untuk menemukan WC.
Fungsi Kedua : Subtitusi
            Perilaku nonverbal dapat menggantikan perilaku verbal, jadi tanpa berbicara Anda bisa berinteraksi dengan orang lain. Misalnya, seorang pengamen mendatangi mobil Anda kemudian tanpa mengucapkan sepatah katapun Anda menggoyangkan tangan Anda dengan telapak tangan mengarah ke depan (sebagai kata pengganti "Tidak").
Isyarat nonverbal yang menggantikan kata atau frasa inilah yang disebut emblem.
Fungsi Ketiga : Kontradiksi
            Perilaku nonverbal dapat membantah atau bertentangan dengan perilaku verbal dan bisa memberikan makna lain terhadap pesan verbal . Misalnya, Anda memuji prestasi teman sambil mencibirkan bibir.
Fungsi Keempat : Aksentuasi

Memperteguh, menekankan atau melengkapi perilaku verbal. Misalnya, menggunakan gerakan tangan, nada suara yang melambat ketika berpidato. Isyarat nonverball tersebut disebut affect display.
Fungsi Kelima : Komplemen
Perilaku Nonverbal dapat meregulasi perilaku verbal. Misalnya, saat kuliah akan berakhir, Anda melihat jam tangan dua-tiga kali sehingga dosen segera menutup kuliahnya.

Fungsi bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi, mengekspresikan diri untuk menyatakan ide atau pemikiran seseorang, untuk berinteraksi dan beradaptasi social, dan sebagai control sosial.

Ragam bahasa dan laras bahasa

Ragam bahasa adalah variasi bahasa yang digunakan. Sedangkan laras bahasa adalah kesesuaian bahasa yang dipakai dengan fungsi pemakaian.
Berdasarkan media pembicaraan, ragam bahasa dibedakan atas:
1.     Ragam lisan yang antara lain meliputi:
§  Ragam bahasa cakapan
§  Ragam bahasa pidato
§  Ragam bahasa kuliah
§  Ragam bahasa panggung
2.     Ragam tulis yang antara lain meliputi:
§  Ragam bahasa teknis
§  Ragam bahasa undang-undang
§  Ragam bahasa catatan
§  Ragam bahasa surat
Ragam bahasa menurut hubungan antarpembiacra dibedakan menurut akrab tidaknya pembicara
§  Ragam bahasa resmi
§  Ragam bahasa akrab
§  Ragam bahasa agak resmi
§  Ragam bahasa santai
§  dan sebagainya

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar