Selasa, 27 September 2011

Langkah dan Alur struktur Pembuatan website


Dalam membuat perencanaan, seseorang biasanya melalui tahapan-tahapan tertentu. Tahapan tersebut dimaksudkan untuk mempermudah dan memfokuskan segala ide yang ada agar lebih teratur. Setiap desainer Web memang memiliki kebebasan bagaimana ia akan membangun sebuah halaman Web, toh sebenarnya, yang diinginkan oleh klien adalah hasil akhir, mereka tidak peduli sama sekali akan proses pembuatan situs Web tersebut.
Sebelum kita berlanjut, ada baiknya Anda membaca-baca kembali artikel saya yang lalu mengenai teknik sketsa pembangunan desain Web. Alur struktur ini biasa saya terapkan ketika memasuki sketsa digital, mengapa? Karena dalam sketsa digital kita dapat menetapkan secara detil mulai dari presisi warna, tipografi, bentuk, dan lain-lain.
Sadar atau tidak, diketahui atau tidak, kebanyakan desainer Web secara Alami melalui tahapan ini ketika membangun desain Web, saya pun demikian. Namun karena ketidak-tahuan tersebut, kita tidak terpaku pada alur, terkadang sering juga melompat-lompat. Tahap-tahap tersebut adalah:
1. Heading dengan Logo dan Titel.
Hal pertama yang Anda bangun adalah Heading dengan Logo dan Titel. Secara umum bagian header akan sangat menentukan ?Look and Feel? dari sebuah situs Web. Terlebih bila logo sudah ditetapkan sebelumnya (sudah ada) tentunya Anda tak ingin tampilan kacau gara-gara logo tidak sesuai dengan desain bukan? Ok, kita ambil kasus desain Web sebuah organisasi exportir-importir yang baru-baru ini saya kerjakan. Organisasi tersebut memiliki logo yang sangat sederhana, perhatikan header yang telah saya bangun, hasil realisasi dari sketsa dalam kertas:
Awalnya logo tersebut bukan berwarna putih, tapi warna merah marun, namun setelah melakukan lobi (untuk menyesuaikan) pihak klien tidak keberatan bila warna logo diubah menjadi warna putih, asalkan ada unsur merahnya dalam desain Tersebut.
Dalam mendesain bagian tersebut, berkonsentrasi penuh merupakan kunci utama, tetapkan tata-letak, dan tipografi yang sesuai menurut rencana. Hasil diatas memang terlihat sepele, tapi itulah hasil berpikir selama 20-30 menit termenung di depan layar monitor.
2. Tata letak Dasar Halaman
Kemudian kita berlanjut kepada tataletak dasar dari situs Web tersebut. Tataletak ini lah saatnya kita mengembangkan daya khayal, pikiran, dan kreasi mengenai apa yang telah kita tetapkan dalam sketsa kertas, yang sebagian telah kita tuangkan dalam header. Pada bagian ini, kita mulai menentukan kolom-kolom yang akan kita pergunakan. Anda dapat mempergunakan garis guides untuk membantu menandai area satu dengan yang lainnya. Perhatikan perkembangan desain diatas:
3. Navigasi
Navigasi adalah hal yang harus dipikirkan kemudian setelah tataletak di tentukan. Dala menentukan navigasi ini, Anda harus berpikir ekstra, karena navigasi yang baik tidak hanya eye-catching dan mudah dikenali, tapi juga harus mudah dibaca dan diakses.
4. Grafis
Setelah bingung berpikir menentukan heading, dan navigasi, saatnya kita melangkah kepada hal yang lebih menuntut kreatifitas dan daya khayal kita. Grafis disini adalah pengolahan dari foto yang sudah ada agar sesuai dengan tataletak yang sudah dibuat sebelumnya. Dalammembuat situs profil, grafis ini merupakan bagian yang paling eye-catching, jadi kerahkan ide yang ada agar dapat mendongkrak tampilan secara keseluruhan.
5. Konten, Heading dan Form
Pada tahap ini, biasanya saya memerlukan waktu lebih lama untuk mendesain, terkadang sampai satu hari penuh, 2 hari atau 3 hari. Masukan konten-konten yang akan mengisi halaman Web, tentukan juga dimana harus meletakan form. Pertimbangan dan feeling Anda akan estetika, tipografi, dan whitespace s angat diperlukan disini. Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
6. Footer dan Copyright
Bagian ini, memang seringkali dianggap sepele dan mudah. Percayalah, pada bagian ini, nama perusahaan (atau Anda, desainer) dipertaruhkan. Sesuaikan tampilan footer dengan layout yang telah kita buat untuk konten.
Apa Itu Web Desain
Berawal dari pertemuan dengan seorang teman lama, yang kebetulan bergerak dalam bisnis desain grafis atau cetak, dia mengutarakan ketertarikannya untuk menjadi seorang web designer, tanpa mengetahui dari mana dia harus belajar untuk menjadi seorang web desainer dan apa sebenarnya web desain itu sendiri..
Apa sih sebenarnya web desain dan apa itu web desainer?
Pada beberapa glossary yang saya temukan di internet, web desain di deskripsikan
Web Design is the art and process of creating a single Web page or entire Web sites and may involve both the aesthetics and the mechanics of a Web site’s operation although primarily it focuses on the look and feel of the Web site. Some of the aspects that may be included in Web design or Web production are graphics and animation creation, color selection, font selection, navigation design, content creation, HTML/XML authoring, JavaScript programming, and ecommerce development. Web design is a form of electronic publishing.? – http://desktoppub.about.com/cs/basic/g/webdesign.htm
Web desain adalah sebuah seni dan proses penciptaan sebuah halaman web dan atau situs secara keseluruhan, termasuk didalamnya segi estetika dan mekanisme situs, walau secara umumnya terfokus pada “Look and Feel” dari ebuah situs.
Adalah menjadi tugas seorang web desainer untuk menentukan aspek aspek desain dan mekanisme sebuah situs, mulai dari penentuan warna dasar, tata letak situs, pemilihan font dsb. Bahkan sampai pemilihan bahasa pemrograman apa yang digunakan untuk menciptakan sebuah situs yang telah di rancang.
Tidaklah mudah untuk menciptakan sebuah situs yang bagus dan sesuai dengan keinginan customer kita, dalam proses pembuatan situs  sering kali  seorang desainer di hadapkan pada permasalahan loading time yang lambat, web safe color, bahkan sampai ke komptabilitas di browser.
Warna Dalam Desain Web
Begitu pentingnya pemilihan warna dalam sebuah proses desain web. anda tentu akan merasa tidak nyaman jika mengunjungi sebuah situs bertemakan daun teh, tapi ditampilkan dengan warna hitam dan merah.
Jika anda mendapat pekerjaan desain web dari sebuah perusahaan, ada beberapa tips, sehingga desain web yang anda presentasikan tampak memikat dan matching dengan logo perusahaan tersebut.
Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menentukan warna pokok (warna yang mayoritas dipergunakan dalam situs) yang sesuai dengan warna logo perusahaan anda. Anda bisa menerapkannya  pada header, Footer atau pada bagian sisi kiri atau sisi kanan desain situs anda.
Jka anda menggunakan warna putih sebagai background situs anda, usahakan untuk menggunakan warna font yang tidak terlalu mencolok atau kontras.
Gunakan image pendukung yang kontras dengan warna dasar header anda, sehingga orang akan segera menangkap bergerak di bidang apa situs tersebut.
Gunakan warna yang web safe color pada desain web anda, anda dapat mencari tool tool penentu warna web safe color dengan mudah di mesin pencari.
Bagaimana I-Advertising Bekerja?
I-Advertising atau yang dikenal juga sebagai Web Advertising membutuhkan kepraktisan. Dengan pertimbangan bahwa dalam empat tahun ke depan, I-Advertising akan memperoleh porsi yang signifikan dalam alokasi dana pemasaran, pengiklan butuh mengetahui dan mengadopsi apa yang harus dibangun dan apa yang harus harus dibeli dalam rangka beriklan di Internet.
Ada tiga pilihan jenis situs bagi pengiklan untuk memasarkan produknya:
1. situs bertujuan (destiniation sites), yang menggunakan informasi, hiburan, dan barang-barang produksi bernilai tinggi untuk meraih user dan membawa mereka kembali;
2. situs mikro (micro-sites), sebuah kanal kecil yang terdapat di situs atau jaringan tempat kita beriklan;
3. kampanye banner (banner campaign) dan web advertising berbiaya rendah lainnya seperti sponsorhip. Produk yang dapat dijual secara online dan mudah dikiirim, atau dapat dikirim secara digital seperti musik, tiket, buku dan software, dapat menggunakan situs bertujuan (destination sites). Hal ini untuk mendukung segala sesuatu yang berkaitan dengan brand awareness dan dukungan purna jual. Tetapi bila Internet tidak memungkinkan perusahaan Anda menawarkan produk dengan lebih cepat, lebih murah atau lebih baik, sebaiknya Anda tidak memilih situs bertujuan.
Kemudian, penjualan produk yang kompleks seperti komputer, mobil, dan hasil-hasil industri lainnya dapat menggunakan situs Web untuk menghemat biaya, dan juga menyediakan layanan untuk menerangkan detail spesifikasi, konfigurasi, dan memperoleh dukungan produk secara online.
Situs Bertujuan (Destination Sites)
Situs bertujuan merupakan pilihan bijak jika perusahaan berniat menggunakan Internet sebagai sarana full-fledge, untuk pertukaran informasi dengan pelanggan, seperti dalam penjualan buku. Pengiklan yang akan membangun destination sites harus memiliki pengalaman yang matang. Sebuah perusahaan bisa membelanjakan miliaran rupiah untuk membangun sebuah destination sites dan lebih banyak lagi untuk biaya pemeliharaannya. Sebuah situs yang tanggung (half-baked), hanya akan menghancurkan merek. Jangan anggap remeh jumlah interaksi dengan pelanggan yang terjadi. Anda harus memiliki tim customer service untuk menjawab seluruh e-mail yang masuk selama tujuh hari dalam seminggu.
Kedua, lisensi, bukan isi. Kebenaran isi menunjukkan citra pengiklan yang sesungguhnya. Ketika Toyota pertama kali berkecimpung dalam Web, mereka menciptakan tujuh majalah lifestyle yang berbeda. Sekarang, hanya “Car Culture” yang diingat dan besar kemungkinan menjadi penerbitan kendaraan besar. Hal ini mengajarkan bahwa isi haruslah berkaitan dengan jenis usaha.
Ketiga, promosi. Setiap kali situs baru diluncurkan, perusahaan harus mempromosikannya. Perusahaan yang bijak akan mengalokasikan setidaknya 20 persen dari keseluruhan dana interaktif mereka untuk mempromosikan situs online-nya. Perusahaan juga dapat mencantumkan alamat situs dalam iklan media cetak maupun televisi, kemasan produk dan lain-lain. Bisa juga digunakan pencantuman dalam search engine dan trading link dengan situs lain.
Situs Mikro (Micro-Sites)
Situs mikro memungkinkan pengiklan mengkomunikasikan keuntungan produk lebih mendalam dan mengumpulkan informasi mengenai pelanggan tanpa mengeluarkan biaya sebagaimana situs Web yang full-blown. Bagi para pengiklan yang menawarkan produk seperti busana dan alat-alat rumah tangga harus memperhatikan hal-hal berikut:
1. Menempatkan situs mikro di mana khalayak berada. Konon tiga juta dollar AS dibelanjakan Levi’s untuk menempatkan situs mikronya pada semua situs-situs anak muda ternama selama berbulan-bulan. Perusahaan alat-alat rumah tangga seperti Whirpool harus melekatkan produk-produk terpilihnya di berbagai situs seperti remodeling.hw.net.
2. Petunjuk pemeliharaan merupakan bagian periklanan. Penyamaran kandungan komersial seperti dikemukakan dalam tajuk rencana alam mengurangi atau merusak kepercayaan terhadap citra merek yang ingin dibangun.
Banner
Kebanyakan perusahaan yang memasarkan barang-barang kebutuhan konsumen (consumer goods) harus menggunakan sumber daya mereka untuk membangun banner interaktif. Banner harus bisa mengundang orang yang melihatnya untuk mengkliknya, mendaftarkan diri untuk jadi pemenang (bila ada undian dan sejenisnya), dan memesan produk yang ditawarkan. Itu yang pertama.
Kedua, mensponsori isi atau rubrik yang tepat. Bahkan, merek “Tide” milik P&G harus mencari cara untuk mensponsori jadwal online setiap Little League di negara-negara bagian. Sebuah logo dan positioning yang tepat, cukup untuk membuat sebuah impresi.
Ketiga, pemeliharaan situs korporasi. Perusahaan butuh berhadapan dengan publik yang menggunakan mesin pencari (search engine) dan melayani hubungan dengan investor (investor relations) dan kelompok-kelompok perekrutan (recruiting groups). Tetapi merek-merek yang telah dikenal luas sebaiknya jangan melumuri situsnya dengan informasi produk. Tabung saja buat berbagai kampanye kreatif.
Bayaran
Ruang iklan dan harga biro iklan atau agensi selalu berubah-ubah. Karena itu sebaiknya para pengiklan selalu menegoisasikannya. Ukuran yang dipakai biasanya CPM, yakni biaya yang dikeluarkan untuk per seribu netter yang mengunjungi situs tertentu. Pengiklan juga bisa menggunakan hasil click-trough sebagai indikator keberhasilan iklan. Namun hal lazim adalah bila sejak awal sebuah perusahaan yang menyediakan ruang untuk beriklan, telah menentukan harga tertentu untuk setiap ruang atau jenis iklannya.
Langkah-langkah Membuka Toko Online Anda Sendiri
Ada lima langkah dasar yang patut Anda renungkan dan lakukan ketika akan membuka toko di Internet. Langkah-langkah tersebut di antaranya adalah sebagai berikut:
1. Registrasi “Domain Name”
Apalah arti sebuah nama. Begitu pujangga Shakespeare menisbikan arti penting nama dalam kehidupan. Pujangga romantis ini tidak sepenuhnya benar. Dalam dunia bisnis online, nama menjadi sangat penting. Nama domain (domain name) selain sebagai alamat anda di cyberspace, ia sekaligus juga berperan sebagai brand perusahaan Anda.Ketika memilih nama domain, Anda harus mendaftarkannya ke InterNIC atau Registrar2 Domain yang ada, atau anda dapat menghubungi soebita.com untuk mendaftarkan domain yang anda perlukan. Anda dapat memilih sebuah domain nama dari salah satu provider yang ada.
Pentingnya nama domain ini membuatnya menjadi lahan bisnis baru. Banyak orang mengumpulkan “nama-nama cantik”, dengan harapan akan dibeli orang/perusahaan di pasar lelang domain name. Bahkan karena besarnya potensi keuntungan dari bisnis domain name, membuat beberapa orang melakukan tindakan kurang terpuji, seperti pembajakan nama domain dan sebagainya.2. Desain Toko Online
Keputusan penting yang harus Anda lakukan pada langkah kedua ini adalah apakah rencana Anda membangun situs akan dilakukan sendiri atau meminta perusahaan yang telah berpengalaman untuk melakukannya. Bila Anda memilih untuk melakukannya sendiri, yakinlah Anda akan kehilangan banyak waktu karena Anda juga harus bertanggung jawab dalam memodifikasi serta pengembangan situs Anda.
Lebih baik bila Anda menyerahkan tugas tersebut kepada Web Developer yang telah berpengalaman di bidang web desain, web programming dan maintenanace web. Soebita.com (www.soebita.com) merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan jasa pembuatan situs Web hingga ke pemeliharaannya dengan jasa layanan yang murah, cepat dan berkualitas.
Namun, ada beberapa titik kritis yang harus Anda pertimbangkan mengenai situs Anda sehingga tampilan situs bisa merepresentasikan visi dan kebutuhan Anda. Untuk itu, minimal, Anda harus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut: Apakah produk atau jasa yang ingin Anda jual? Apa yang ingin Anda lihat dan rasakan dari logo dan situs Anda secara keseluruhan? Jenis navigasi apa yang ingin Anda gunakan? Bagaimana cara pembayaran yang Anda inginkan dalam transaksi bisnis? Bagaimana caranya agar Anda bisa mengkalkulasi pajak dan biaya pengiriman dengan mudah?
Ketika Anda membuat keputusan, Anda juga harus siap dengan katalog produk. Anda harus menyediakan informasi untuk setiap produk, seperti deksripsi ringkas, warna, ukuran dan harga. Setelah katalog produk ini selesai, barulah Anda bisa mempublikasikan situs Web online Anda.
3. Server Hosting
Keputusan lain yang harus Anda ambil ketika akan bergabung dalam pasar elektronik ini adalah apakah Anda akan membeli sebuah server dan menjadi tua rumah, atau hanya sekadar menyewa dari orang lain.
Ada keuntungan dan kerugian memiliki sebuah server sendiri. Keuntungan yang didapat adalah Anda bisa bebas memaintain situs Anda sendiri tanpa adanya batasan-batasan yang biasanya ditetapkan jika Anda menyewa server. Tapi kerugiannya adalah biaya operasional dan pemeliharaan sebuah server web sangat besar. Belum lagi Anda harus menyewa tenaga khusus untuk melakukannya. Namun sebagai invesatsi di masa depan, akan sangat menguntungkan bila Anda memiliki sebuah server sendiri.
4. Solusi Pembayaran
Ketika e-commerce Anda telah benar-benar mulai, Anda harus memiliki software pembayaran, merchant account di bank atau perusahaan commerce provider, jasa pemrosesan pembayaran, dan pintu gerbang untuk berhubungan ke seluruh elemen pemrosesan ini. Anda juga akan membutuhkan software mesin cash register untuk menolong Anda menghitung pajak penjualan dan biaya pengiriman dengan mudah.
Ketika pertama kali memulai transaksi bisnis dan menerima pembayaran, pertama-tama Anda harus membuka rekening di sebuah bank dagang. Pilihlah bank dagang yang bisa memenuhi seluruh kemungkinan proses transaksi Anda dan mampu memberikan solusi komprehensif bagi pelaksanaan tugas-tugas tersebut.
Jika Anda telah memiliki rekening (account), bank dagang tersebut akan melayani transaksi online Anda dengan konsumen atau pelanggan, memindahkan dana yang terdapat di kartu kredit mereka, dan menempatkan uang hasil transaksi ke rekening Anda.
5. “Traffic Coverage”
Tidak persoalan berapa pun besarnya situs Web Anda, orang tidak akan datang ke sana bila Anda tidak tahu di mana mereka berada. Persoalan “traffic” harus Anda perhatikan benar dalam perencanaan bisnis Anda.
Langkah pertama dalam membangun arus adalah mendaftarkan situs Anda di search engines. Anda tidak perlu khawatir, soebita.com yang akan melakukannya untuk Anda. Ketika mendaftar, Anda harus memikirkan benar “meta tags” atau kata kunci yang menjadi penghubung ke situs Anda.
Bila Anda mengikuti kelima langkah tersebut di atas, Anda telah menjadi pemilik sebuah toko online. Selamat! Toko online Anda telah buka dan siap berbisnis 24 jam sehari, tujuh hari seminggu dan terakses ke jutaan konsumen dari seluruh dunia setiap harinya.
Memulai Bisnis E-Commerce
APAKAH ANDA ingin memulai usaha sendiri? Ketika pertanyaan ini dilontarkan, Anda mungkin akan menjawab “Ya”, dan di benak Anda terbayang kemungkinan untuk bebas berkreasi mengembangkan potensi-potensi Anda, kebanggaan tersendiri, dan kemungkinan mengalirnya uang tak terbatas. Namun karena satu dan lain hal–persoalan modal, misalnya–keinginan tersebut tidak kesampaian. Anda pun “hanya” menjadi pekerja di perusahaan milik orang lain.
Sekarang, seiring dengan pencapaian teknologi informasi, berbagai masalah yang melilit keinginan Anda untuk memiliki bisnis sendiri atau mengembangkan bisnis Anda yang sudah ada bisa terjembatani. E-Commerce adalah jawabannya.
Berpikir Realistis
Ketika Anda merencanakan sebuah bisnis online, Anda harus berpikir realistis. Jika Anda memiliki toko komputer, misalnya, dan ingin menjual komputer secara online, Anda harus sudah siap dengan pesaing bisnis yang kompetitif. Membeli sebuah komputer membutuhkan modal yang relatif besar, kepercayaan merupakan hal penting.
Bila Anda memiliki bisnis berskala kecil, adalah penting bagi Anda untuk mengetahui apa yang Anda harus alami dalam pembayaran terhadap perusahaan yang belum pernah Anda ketahui sebelumnya. Bila Anda seorang yang serius dalam pembangunan bisnis online (e-commerce) yang relatif mapan dalam jangka panjang, Anda harus menemukan sebuah ide bisnis cemerlang dan profitable. Anda juga harus menawarkan produk dan jasa yang bernilai tinggi dan berkualitas bagi pelanggan potensial Anda kelak.
Selain itu, Anda juga sebaiknya selalu mengikuti perkembangan bisnis e-commerce, termasuk metode-metode transaksi terbaru. Bagi kebanyakan produk, misalnya, kartu berbelanja sangat penting. Masyarakat sekarang lebih suka meng-klik sebuah tombol dan memesan sesuatu. Bila bisnis online Anda tidak menerima kartu kredit atau kartu berbelanja, Anda akan kehilangan pelanggan; produk Anda tidak akan terjual.
Langkah awal: membangun Situs web
Salah satu persoalan yang segera menghadang di depan Anda ketika akan memulai bisnis E-Commerce adalah persoalan sumber daya. Ya, Anda butuh membangun situs sebagai basis bisnis Anda. Untuk itu, Anda mau tidak mau harus merekrut tenaga-tenaga baru untuk membangun situs Web bisnis Anda, lengkap dengan peralatan atau perlengkapan yang dibutuhkan. Ini berarti Anda harus menyediakan modal khusus yang tidak sedikit, mencapai ratusan juta rupiah. Belum lagi, Anda harus menyediakan pelayanan terhadap pelanggan (customer service), termasuk pelayanan purna jual.
Jangan berkecil hati. Masih ada cara lain yang bisa Anda tempuh tanpa harus kehilangan lebih banyak uang dan pelanggan potensial. Anda bisa menghubungi situs Web yang menyediakan jasa bisnis online, mulai dari pembangunan situs sampai penjualan produk dan jasa.
Resep Sukses Penjualan Online
Membeli barang secara online di Internet tidak seperti membeli barang di toko biasa. Anda tidak pernah melihat produk atau mencobanya. Tidak juga bisa berbicara pada siapa pun yang menjualnya. Seolah-olah Anda hanya mengirimkan order pemesanan ke cyberspace dan mengharapkan yang terbaik.
Kemungkinan Anda bisa mendapatkan barang pada esok harinya atau mendapatkan e-mail yang berbunyi, “Maaf, barang yang Anda pesan tidak tersedia. Hal-hal seperti inilah yang masih meragukan konsumen ketika berbelanja secara online. Untuk mengatasinya, Anda sebagai merchant harus bisa menumbuhkan rasa percaya di benak konsumen.
Berikut adalah rahasia sukses yang membuat situs lain sukses dan menjadi besar. Jika Anda ingin sukses, Anda harus melakukan segala sesuatu yang tertulis di bawah ini. Anda mungkin berpikir begitu banyak hal yang harus dikerjakan. Namun ini adalah hal yang wajar. Saya akan merasa curiga bila ada nasihat sukses bisnis di Internet yang tidak melibatkan banyak pekerjaan. Tapi orang yang sukses di bisnis online, bukanlah tipe yang senang membuang-buang waktu mereka. Jika mereka melakukan sesuatu, maka hal ini benar-benar suatu yang harus dilakukan untuk sukses.
Mulailah Segera Membangun Situs Anda
Banyak perusahaan online besar yang telah mulai berjualan sejak dua atau tiga tahun yang lalu. Mereka mempergunakan hal ini bukan saja untuk membangun barisan pelanggan, tapi juga mempelajari bagaimana cara yang tepat untuk dapat menjual secara online. Pada waktu pesaing mereka baru menekan pedal gas, mereka telah pindah ke gigi tiga.Terlihat Profesional
Situs yang bagus harus tampak tajam dan profesional. Mereka menggunakan gambar sebagai ilustrasi, tapi tidak terlalu banyak, dan tidak terlalu besar. Anda mungkin tak akan melihat frame atau animated gif di Yahoo. Mereka lebih menekankan pada fungsi, tidak mencoba membuat Anda terkesan dengan trik-trik html.Situs Anda Harus Mudah Dicari
Pelanggan tidak akan dapat menemukan Anda jika situs Anda sulit dicari. Daftarkanlah nama situs Anda secara tepat ke berbagai search engine yang besar. Gunakanlah kategori yang tepat, sesuai dengan bisnis Anda.Dapat Diakses Dengan Cepat
Situs yang baik harus dapat diakses dengan cepat. Sebuah halaman produk yang biasanya berukuran sekitar 38 kilo byte, harus dapat di download dalam waktu sekitar 13 detik menggunakan modem biasa. Ditambah lagi Anda harus memiliki server yang cepat dan koneksi Internet kelas satu.Berilah Perhatian Pada Inventori
Jika Anda masuk ke Amazon, tentunya Anda akan menemukan segala macam buku. Inventori yang besar memiliki dua keuntungan. Pertama, menunjukkan Anda serius berjualan secara online. Tapi yang lebih penting, pelanggan akan teringat untuk mencari di toko Anda terlebih dulu, karena Anda memiliki koleksi yang komplet. Jika mereka menemukan apa yang diinginkan, tentunya mereka akan memesan langsung dari Anda.Berilah Harga yang Murah
Usahakan untuk dapat memberikan discount pada setiap barang yang Anda jual. Bukan murahnya yang penting. Tapi konsumen Anda tak perlu memikirkan harga ketika membelinya. Jika saya menemukan buku di Amazon, saya sudah tahu tidak akan menemukannya dengan lebih murah di tempat lain, jadi saya tak perlu repot-repot mencarinya di tempat lain. Lakukan hal yang sama di situs Anda, dan pembeli akan tahu jika mereka tidak perlu lagi mencari barang yang mereka inginkan di luar situs Anda.Pastikan Ketersediaan Barang
Di setiap halaman produk, situs yang bagus memberitahu Anda apakah barang tersebut tersedia dan berapa lama barang dapat dikirimkan pada Anda. Janji yang diungkapkan secara eksplisit tersebut akan membuat pelanggan lebih percaya pada Anda. Tak ada kata lain yang dapat membuat pelanggan membeli lebih cepat selain mangatakan di setiap halaman situs Anda, “Stock Tersedia, dapat dikirimkan dalam waktu 24 jam.” Dalam hal ini Anda harus berkata jujur. Jika Anda tidak dapat melakukannya, setidaknya katakan item mana yang tersedia, dan berapa lama Anda dapat mengirimkannya.Kirimkan E-mail Segera Kepada Pelanggan
Sebaiknya Anda mengirimkan e-mail kepada pemesan segera setelah Anda menerima order pemesanan, dan yang berikutnya segera setelah barang dikirimkan. Pelanggan Anda menyukai hal ini, karena memberikan kepastian pemesanan secara online.Beri Tanggapan Pada E-mail yang Masuk
Anda pun harus menjawab e-mail dengan segera. Cobalah kirimkan pertanyaan pada situs yang sukses, dan buktikan sendiri. Pelanggan menggunakan waktu respon ini sebagai ukuran kompetensi Anda. Jawablah dalam 30 menit, dan mereka akan sangat terkesan. Menjawab dalam sehari, dan kesannya akan berkurang. Bila Anda melakukannya dalam seminggu, kemungkinnya Anda telah kehilangan pelanggan.Update Halaman Depan Situs
Anda juga dianjurkan untuk mengubah tampilan di halaman depan Anda setiap hari. Bukan hanya untuk memamerkan produk baru, tapi untuk menunjukkan bahwa Anda benar-benar ada di sana. Situs yang berubah setiap hari adalah situs yang pasti banyak diperhatikan orang. Anda tidak perlu berubah banyak, cukup dengan menggilir barang yang dipajang di halaman depan.
Berikan Layanan Lebih Pada Pelanggan Anda
Banyak perusahaan online memiliki customer service yang luar biasa, tapi lebih banyak lagi yang tidak. Customer service adalah unsur paling penting dalam penjualan online. Bukan periklanan, desain situs, atau harga yang murah. Iklan akan membuat orang mendatangi situs Anda, tapi kekuatan pelayananlah yang akan membuat mereka membeli.
Membuat Situs Tampak Profesional
Sebuah situs yang baik mampu berbicara pada pengunjung, bahwa pemiliknya benar-benar profesional dan bermaksud melakukan bisnis. Ada beberapa aspek yang bisa membuat situs Anda tampak tajam dan profesional. Berikut akan dibahas beberapa di antaranya yang bisa membuat situs Anda berbicara.
Sebuah situs yang bagus, harus memiliki “nilai produksi” yang tinggi. Dalam katalog cetak, “nilai produksi” menunjuk pada kualitas kertas dan proses pencetakan yang digunakan, jumlah dan mutu gambar, dan hal-hal lain yang berhubungan dengan desain grafis. Tingginya “nilai produksi” merupakan hal yang sangat penting di dalam katalog, di mana ia harus dapat meyakinkan pelanggan untuk membeli hanya dari beberapa lembar kertas.
“Nilai produksi” bahkan lebih penting lagi di web. Pelanggan biasanya enggan membeli dari web site yang terlihat amatir. Mereka merasa benar-benar yakin ketika memesan dari sebuah situs yang tampak sangat profesional.
Apa yang bisa membuat situs dapat berbicara demikian? Hal yang sama seperti yang terlihat di mobil-mobil Ferrari: sebuah desain yang dibuat dengan perhitungan yang matang. Di web, desain yang bagus berarti proporsi yang bagus, pilihan tipografi yang serasi, lay out yang bersih, dan kombinasi warna yang bagus.
Kebanyakan orang yang mengunjungi web site Anda masih belum terbiasa mengorder secara online. Saya sering mengunjungi toko-toko online, tapi kadang-kadang masih ragu-ragu juga bila melihat dan menginginkan suatu barang yang dipajang dan menarik perhatian saya. Jadi, situs Anda harus dapat menginspirasi pengunjung dengan penuh percaya diri. Situs ini harus bisa mengatakan bahwa perusahaan Anda adalah jenis yang bisa melakukan segala sesuatu dengan baik dan lancar. Tidak akan terlalu sulit untuk memesan dari situs Anda.
Memang tak ada hubungan langsung antara kualitas situs Anda dan kualitas perusahaan Anda. Sebuah perusahaan bisa saja memiliki desainer grafik yang brilian dan sekaligus juga produk yang brengsek. Tapi biasanya hal ini memang ada hubungannya. Inilah yang sering diasumsikan oleh pengunjung situs Anda. Jika perusahaan Anda tidak bisa menampilkan web site yang bagus, maka wajar saja jika pengunjung menganggap Anda tidak akan bisa memberikan barang atau layanan yang baik juga.
Beberapa waktu yang lalu, saya pernah mencari keterangan tentang beberapa barang, tapi ternyata perusahaan pembuatnya tidak mempunyai web site sama sekali. Ada juga yang punya tapi web site-nya kosong, tidak berisi keterangan yang berguna. Sama buruknya dengan situs yang kosong adalah situs yang terlihat sangat amatir. Benar-benar tidak mengesankan.
Secara keseluruhan hal paling penting di halaman web adalah pengorganisasian. Hal itulah yang paling dulu akan diketahui pengunjung. Sangat mungkin untuk “membaca” struktur dari sebuah halaman dengan sekali lirik. Web yang bermutu akan tampak bersih dan jelas. Sementara yang didesain dengan buruk akan tampak berantakan.
Dari halaman web, elemen terpenting adalah image (gambar). Sebuah halaman web terdiri dari gambar dan teks, dan teks setiap orang akan terlihat sama, jadi perbedaan paling besar dari nilai produksi antara situs yang bagus dan biasa-biasa saja tergantung hampir seluruhnya dari gambar.
Image yang dimaksud tidak melulu gambar produk. Yang dimaksud adalah bermacam gambar dalam format gif dan jpeg, apakah itu gambar produk, tampilan teks, logo, button, bullet, atau apapun.
Web site yang bagus biasanya menggunakan banyak image. Tapi bukan berarti harus dengan tambahan kilobytes. Image yang besar, membutuhkan banyak waktu untuk didownload, dan merupakan hal yang paling mematikan bagi sebuah toko online. Gunakanlah image sebagai bumbu, bukan menu utama. Gunakan image yang kecil tapi ampuh, yang mampu melingkupi daerah sekelilingnya.
Usahakan untuk dapat menempatkan logo Anda di halaman depan, dan juga di seluruh halaman situs. Namun waktu download tetap bisa dilakukan dengan cepat. Pelanggan Anda tidak datang untuk melihat logo Anda. Mereka datang untuk mencari produk Anda. Jangan juga menempatkan image yang berukuran besar untuk produk Anda, cukup berupa thumbnail-nya saja, dan pengunjung dapat mengkliknya jika ingin melihat gambar secara lebih detail.
Gambar produk harus berkualitas tinggi. Foto ini sebaiknya diambil oleh seorang fotografer profesional. Andapun bisa mengambil gambar image dengan memindainya menggunakan scanner, dari slide atau katalog cetak Anda.
Usahakan juga untuk tidak membuat kesalahan ejaan di dalam situs Anda. Beberapa kesalahan eja yang muncul akan membatalkan semua usaha Anda untuk membuat situs tampak profesional.
Bagaimana Menarik Minat Orang Untuk Mengunjungi Web Site Anda
Ketika membangun sebuah web site, kebanyakan web marketer selalu berpedoman pada model ‘bila Anda membangunnya, pengunjung akan datang’. Padahal tidak selalu demikian. Jika Anda memutuskan untuk membuat sebuah web site, Anda harus juga memberikan alasan kenapa orang harus mendatanginya.
Sebuah situs merupakan bentuk pasif dari teknik pemasaran: hanya berperan seperti papan reklame yang memberitahukan orang pada jasa dan produk Anda. Agar efektif, sebuah web harus berhubungan dengan sedikitnya 7 bentuk teknik marketing aktif. Jadi bagaimanakah caranya orang-orang dengan bisnis menengah menarik minat konsumen ke dalam web site-nya?
Pertama, iklankan web site Anda ke berbagai ‘search engine’ yang mengindekskan web, seperti Yahoo, Lycos, WebCrawler, atau InfoSeek. Proses pendaftarannya cukup mudah. Sebuah situs bernama Submit-It menyediakan sebuah layanan untuk mendaftarkan nama situs Anda ke sedikitnya 15 index terpenting. Bila Anda melakukannya pada malam hari, ketika lalu lintas di net berada pada titik terendah, Anda dapat melakukannya dalam waktu sekitar tiga perempat jam. Bila semuanya lancar, seorang klien yang membutuhkan jasa Anda akan dengan cepat dapat menemukan Anda.
Biasanya Anda akan diminta untuk memasukkan 25 kata atau sekitar 200 karakter untuk mendeskripsikan web site Anda. Deskripsi ini harus disusun secara cermat, sehingga orang akan mudah untuk menemukan situs Anda. Celakanya, karena kurangnya pengalaman, Anda dapat saja secara ceroboh menuliskan deskripsi yang dapat menghancurkan kesempatan Anda untuk dapat terlihat oleh calon pelanggan. Dua puluh lima kata ini harus ditulis dengan kata-kata kunci yang biasa digunakan konsumen untuk menemukan Anda. Bila Anda ingin mengganti deskripsi setelah 1-2 bulan, maka dibutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk menghubungi setiap layanan secara terpisah, dan meyakinkan mereka agar mau mengubah deskripsi tersebut.
Kedua, Anda harus memberikan alasan yang baik bagi konsumen untuk datang. Pendekatan marketing yang sudah terbukti berjalan adalah dengan menawarkan sesuatu secara gratis. Sebuah web site yang dikelola oleh sebuah perusahaan kaya mampu menawarkan tiket hiburan secara gratis bagi pengunjungnya. Sementara ini Anda mungkin tak mampu membiayainya. Sebagai jalan keluarnya, tawarkanlah berbagai informasi yang berharga. Bila Anda menyediakan waktu untuk meng-update berbagai informasi tentang bisnis Anda, orang akan kembali datang ke situs Anda dan hal ini memperbesar peluang mereka untuk berbisnis dengan Anda.
Sebagai contoh, Wilson Internet Services, menawarkan Web Marketing Info Center, yang menawarkan berbagai link ke sumber berbagai artikel web marketing. Karena sangat bernilai, majalah Your Company mengangkatnya menjadi situs bisnis kecil paling top di US, mampu menarik minat banyak orang untuk mengunjungi situsnya, sehingga memperbesar kemungkinan orang memikirkan harga murah yang mereka tawarkan bagi sebuah paket pembuatan web site.
Ketiga adalah berhubungan dengan situs industri besar dan menawarkan link dari dan ke situs mereka. Sebagai imbalannya adalah daftar member Anda. Beberapa pusat kerajinan online, menawarkan link gratis ke pengrajin lainnya. Bila Anda memiliki sebuah hotel, buatlah link dengan “Seluruh hotel di Web”, Konsultan akan mencari link menggunakan The Expert Marketplace, atau mencari berdasarkan Virtual Trade Show. Seluruh daftarnya akan sangat panjang, tapi sangat spesifik untuk setiap industri. Telusuri di Internet untuk menemukan situs kunci di bidang Anda, dan kemudian buatlah link ke sana.
Keempat adalah dengan membeli iklan di web site yang padat pengunjungnya, iklan ini juga merupakan sebuah link ke perusahaan atau situs Anda. Beberapa persen dari ribuan pengunjung mereka juga akan mengunjungi situs Anda, dan semoga mereka menyukai apa yang mereka temukan. Seluruh industri telah berkembang menjadi pemuat iklan sejenis tersebut. Carilah sebuah situs berita populer seperti Kompas Cyber Media (www.kompas.com), sehingga menjamin iklan Anda terlihat oleh jutaan pembaca mereka. Anda juga harus menemukan cara untuk menguji keefektifan sebuah iklan dengan cara memisahkan pengunjung dari iklan yang berbeda di beberapa media dan mengukur click-through antara masing-masing iklan tersebut, sehingga Anda dapat memonitor keefektifannya.
Kelima untuk memperkenalkan situs Anda adalah dengan cara ikut aktif dalam berbagai news group Internet dan mailing list. Cari grup yang kemungkinan besar dikunjungi oleh konsumen potensial Anda-grup akan sangat tersegmentasi, dan ikutlah dalam diskusi mereka. Kemungkinan Anda akan menemukan grup yang berhubungan dengan industri Anda dengan melakukan riset dengan DejaNews (dejanews.com), yang mencari pesan berisi topik tertentu atau perusahaan dalam ribuan news group dan mailing list.
Keenam, buatlah web site Anda bagian dari sebuah mal. Bisnis di mal biasanya mendapatkan keuntungan dari begitu banyaknya jenis barang yang dipajang. Begitu juga bisnis online, semakin banyak jenis barang yang Anda tawarkan, akan semakin memperbesar kemungkinan Anda memperoleh keuntungan. Beberapa mal hanya berlangganan pada ISP-ISP tertentu dengan membayar sewa atau mengambil beberapa persen dari keuntungan kotor mereka. Sebagai contoh, Kompas Cyber Media WebStore (kompas.com/webstore) membangun sebuah mal di mana produsen dapat memajang produk mereka dengan biaya keanggotaan yang sangat murah. Mal terbesar adalah Yahoo (yahoo.com), yang tidak memungut bayaran, tapi mendapatkan keuntungan dari iklan yang dipasang.
Ketujuh, sertakan alamat e-mail dan situs Anda di media cetak, dan iklan display. Bila orang percaya mereka bisa menemukan informasi lebih banyak tentang produk atau layanan Anda secara online, percayalah mereka akan melakukannya.
Demikianlah tujuh langkah penting untuk meningkatkan lalu lintas situs perusahaan Anda. Bila Anda menggunakan sebagian besar dari langkah-langkah pemasaran ini, beberapa tahun dari sekarang mungkin Anda akan dapat menyombongkan kesuksesan Anda ketika membangun web site, daripada menyumpahinya sebagai sarana membuang-buang uang.

4 Hal Penting Dalam Proses Slicing Website

 

4halpenting_slicing
Dalam bidang desain website (interface), memang ada beberapa hal yang akan ditemui dan berbeda dari desain print. Jika kita desainer grafis yang terbiasa dengan desain print lalu ingin mencoba di bidang desain website atau interface, kemungkinan akan menemukan hal-hal teknis yang tidak biasa. Salah satunya adalah teknik slicing pada desain interface.

Pengerjaannya masih sama-sama dikerjakan pada software grafis, bisa dari Adobe Illustrator, Corel Draw atau software kesayangan kita Adobe Photoshop. Dalam hal ini saya akan membahas slicing dengan Photoshop saja karena itulah yang selalu saya gunakan.

Apa itu slicing?

Slicing adalah sebuah teknik pemotongan gambar/desain pada website, memecahnya jadi beberapa bagian untuk kemudian disatukan kembali menggunakan kode CSS dan HTML. Mengapa harus dipecah? Website yang kita lihat ini bisa muncul terlihat utuh tidak seperti jika kita melihat sebuah brosur yang benar-benar mencetak hasil utuh dari sebuah desain.
Ini semua muncul dari hasil potongan-potongan image saat slicing. Bisa dilihat jika kita save as Web Complete akan ada folder yang isinya potongan-potongan image. Itulah hasil slicing. Teknik slicing tentu dapat mempercepat proses downloading website secara paralel namun jangan terlalu banyak juga bagian potongannya karena justru dapat memperlambat downloading karena keterbatasan jumlah download paralel pada browser.
crop1

1. Crop tool atau Slice tool

Setiap desainer punya cara dan jurus tersendiri dan berbeda-beda dalam mengerjakan proyeknya. Itu sah-sah sja, yang penting kerjaan beres dengan tepat waktu. Teknik slicing pada Photoshop bisa menggunakan Slice tool atau manual dengan Crop tool. Saya sendiri lebih menyukai crop tool. Jika menggunakan slice tool, kita memang bisa secara otomatis memotong beberapa bagian sekaligus dalam sekali ‘slice’ dan langsung save for web sekaligus dalam satu folder untuk semua file hasil potongan tersebut.
Namun ini akan menyulitkan kita jika filenya transparan dan menimpa sebuah background. Well, bisa saja itu tetap dikerjakan, namun akan lebih mempermudah programmer menyusun gambar  jika kita memisahkan file transparan tersebut dengan backgroundnya.
crop2 crop13 crop14

2. Slicing ujung dan tengah pada sebuah bidang

Pada bidang-bidang kotak, persegi panjang dan juga background ada teknik khusus dalam memotongnya. Kecuali jika background berupa foto atau image. Untuk menslicing sebuah bidang, misal pada background atau sebuah kotak yang ujungnya melengkung (dengan rounded rectangle) tentu ada caranya bagaimana memotong bidang –bidang tersebut. Jika yang akan kita potong adalah sebah bidang kotak, misal untuk background tulisan paragraf, namun ujungnya lancip maka kita cukup memotong tipis 1 bagian saja.
crop3 crop4
Sedangkan jika bidang yang dipotong berujung lengkung, kita akan memotong pada bagian ujung kiri-kanan atau atas bawah (tergantung arah efek gradasi jika ada) dan bagian tengah.
crop5
crop6
crop7
Mengapa kita hanya memotong tipis seperti itu saja dan atau hanya 3 bagian itu saja? Karena ketika nanti dibuat kode, jika tekstur bidangnya sama dan atau tanpa tekstur, proses kode akan menyatukannya dengan me-repeat hasil potongan bagian tengah tersebut entah itu arah vertical atau horizontal  Berbeda jika image nya berupa gambar atau tekstur yang tidak merata, tentu tidak bisa menggunakan kode ‘repeat’, yang ada hasilnya berantakan.

3. Menslicing bidang bergradasi

Seperti sempat dibahas di atas teknik slicing untuk bidang bergradasi tergantung seperti apa arah gradasinya. Horizontal atau Vertikal. Jika horizontal dengan ujung melengkung, maka yang kita potong bagian ujung kiri, tengah dan ujung kanan.
Tapi jika vertical dengan ujung melengkung yang kita potong adalah bagian ujung atas, tengah dan ujung bawah. Biarlah programmer me-repeat bagian tengahnya saja. Gambar di bawah ini contoh yang ujungnya lancip, jadi hanya sekali potong saja, programer akan me-repeatnya nanti.
crop8
crop9
crop10
crop11

4. Penamaan Folder

Untuk penamaan folder file-file slicing yang telah kita potong, tidak bisa menggunakan spasi, misal kita akan menamakan image 05, kita harus menamainya dengan image05 atau image_05. Karena kode HTML tidak bisa membaca file dengan nama yang menggunakan spasi. Dan sebaiknya jika file tersebut sejenis atau berurutan gunakan penomeran atau urutan abjad agar memudahkan programmer saat membuka file. Semua pasti ada dalam 1 folder saja, tidak terpisah atau tidak berupa folder dalam folder.
crop12

Kesimpulan

Pada awalnya bagi desainer yang belum terbiasa slicing mungkin akan bingung mulai darimana atau apa saja yang harus dislicing. Namun untuk membiasakannya tidak akan memakan waktu lama asalkan bisa Photoshop atau software grafis lainnya tentu saja.
Jika ada kesulitan menentukan bagian slicing sebaiknya didiskusikan dengan programernya atau yang bagian codernya, karena dialah yang nanti menerima hasil slicing untuk disatukan jadi  halaman website utuh.

Senin, 26 September 2011

Mac OS X Server


Mac OS X

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Bungkusan Mac OS X.
Mac OS X adalah versi terbaru dari sistem operasi Mac OS untuk komputer Macintosh. Sistem operasi ini pertama kali dikeluarkan pada tahun 2001 dan populer di kalangan pengguna.
Karakter "X" adalah nomor Romawi yang berarti sepuluh, di mana versi ini adalah penerus dari sistem operasi yang digunakan sebelumnya seperti Mac OS 8 dan Mac OS 9. Beberapa orang membacanya sebagai huruf "X" yang terdengar seperti "eks". Salah satu alasan mengapa mereka menafsir sedemikian karena tradisi untuk memberikan nama sistem operasi yang berbasis Unix dengan akhiran "x" (misalnya AIXIRIXLinuxMinixUltrix,Xenix).
Mac OS X Server juga dirilis pada tahun 2001. Pada dasarnya versi Server ini mirip dengan versi standardnya, dengan perbedaan bahwa versi Server mencakup piranti lunak untuk keperluan manajemen dan administrasi workgroup dalam komputer berskala besar. Contoh fitur tambahan yang tersedia untuk versi ini adalah piranti lunak untuk menjalankan fungsi-fungsi seperti SMTPSMBLDAP dan DNS. Selain itu cara melisensinya juga berbeda.
Mac OS X adalah sistem operasi yang menggunakan kernel BSD sehingga beberapa kalangan mengatakan bahwa Mac OS X termasuk dalam keluarga Unix. Hal yang menarik dari OS ini adalah keindahan tampilannya sehingga menjadikannya panutan bagi pengembang desktop lain.[rujukan?]
Rilis terakhir Mac OS diluncurkan sekitar bulan Mei 2005 dengan kode Tiger dengan versi 10.4.
Tahapan-tahapan OS X:
  • Mac OS X Server 1.0 kode: "Rhapsody", dirilis: Maret 1999.
  • Mac OS X Public Beta kode: "Kodiak", dirilis: September 2000.
  • Mac OS X 10.0 (pemutakhiran 10.0.1-10.0.2-10.0.3-10.0.4) kode: "Cheetah", dirilis: Maret 2001.
  • Mac OS X 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: Oktober 2001.
  • Mac OS X Server 10.1 (pemutakhiran 10.1.1-10.1.2-10.1.3-10.1.4-10.1.5) kode: "Puma", dirilis: November 2001.
  • Mac OS X 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8) kode: "Jaguar", dirilis: Agustus 2002.
  • Mac OS X Server 10.2 (pemutakhiran 10.2.1-10.2.2-10.2.3-10.2.4-10.2.5-10.2.6-10.2.7-10.2.8), dirilis Agustus 2002.
  • Mac OS X 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9) kode: "Panther", dirilis Oktober 2003.
  • Mac OS X Server 10.3 (pemutakhiran 10.3.1-10.3.2-10.3.3-10.3.4-10.3.5-10.3.6-10.3.7-10.3.8-10.3.9), dirilis Oktober 2003.
  • Mac OS X 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) kode: "Tiger", dirilis: April 2005.
  • Mac OS X Server 10.4 (pemutakhiran 10.4.1-10.4.2-10.4.3-10.4.4-10.4.5) dirilis: April 2005.
  • Mac OS X 10.5 (pemutakhiran 10.5.1-10.5.2-10.5.3-10.5.4) kode: "Leopard", dirilis: Oktober 2007
  • Max OS X 10.6 (kode: "Snow Leopard"; direncanakan beredar pada Juni 2009)
  • Max OS X 10.7 (kode: "Lion"; direncanakan beredar pada Juli 2011)

Senin, 19 September 2011

Satu Buah Apel Per Hari Bisa Mencegah Stroke

Konsumsi apel tiap hari baik untuk mencegah stroke.
REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Bahwa sebutir apel bisa menjauhkan kita dari dokter, barangkali sering Anda dengar. Namun, penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Stroke: Journal of the American Heart Association merincinya lebih spesifik: sebutir apel perhari akan menjauhkan kita dari serangan stroke. Tak hanya apel, tapi seluruh buah berwarna daging terang.
Namun para peneliti Belanda mengatakan orang dengan asupan tinggi  apel, pir, pisang, atau kembang kol dapat mengurangi risiko stroke sebesar 52 persen. Studi ini melibatkan lebih dari 20 ribu orang dewasa berusia di atas 10 tahun.
Kendati begitu, para ahli stroke mengatakan, tak perlu menunda makan buah dan sayuran dengan warna lainnya, hanya demi mencegah stroke.
Pada awal penelitian,  peserta diminta mengisi kuesioner rinci tentang diet dan gaya hidup pada tahun sebelumnya. Dengan menggunakan informasi ini dan pelacakan kesehatan para peserta selama dekade berikutnya, para peneliti mampu memeriksa hubungan antara warna buah dan sayuran yang dikonsumsi dengan risiko stroke.
Studi tersebut menemukan bahwa peningkatan 25 gram (g) per hari konsumsi buah-buahan dan sayuran putih berkaitan dengan risiko terkena stroke yang 9 persen lebih rendah.
Dari buah putih dan sayuran yang dimakan oleh 20 ribu orang yang dilibatkan dalam penelitian ini, lebih dari separuhnya adalah apel dan pir. Sebuah apel rata-rata memiliki berat 120g.
Akan tetapi hubungan serupa tidak ditemukan antara kejadian stroke dan buah dan sayuran berwarna hijau (sayuran berdaun gelap, kubis, dan selada), oranye/kuning (kebanyakan buah-buahan jeruk), ataupun merah/ungu.
Linda Oude Griep, penulis utama studi tersebut, sekaligus seorang postdoctoral dalam bidang gizi di Wageningen University, Belanda, mengatakan, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu mengapa daging putih (pada buah dan sayuran) itu penting.
"Sulit untuk mengatakan nutrisi apa yang berperan penting dalam buah-buahan dan sayuran putih. Kita tahu bahwa apel dan pir adalah buah yang tinggi serat, tapi mungkin ada penjelasan lain."
Ia mengatakan, temuan ini mungkin berguna mendorong orang agar mengkonsumsi sejumlah besar daging buah putih dan sayuran untuk mencegah stroke.

Minggu, 18 September 2011

BEBERAPA CONTOH KEKURANGAN dan KELEBIHAN INPUT DEVICE

BIOMETRIK

Keuntungan: 
-Lebih baik keamanan (tidak dapat dicuri dengan mudah sebagai password). 
-Tidak menghafal password oleh pengguna. 
Non-dipindahtangankan. 

Kekurangan: 
-Segera atau lambat seseorang akan mendapatkan tangan mereka cincang dari oleh seorang kriminal yang ingin menggunakannya untuk mendapatkan melalui sistem keamanan biometrik. 
-Retina sistem pemindaian, masih nyaman untuk pengguna (cahaya terlalu terang dan Anda harus tetap mata Anda sampai kamera dan tahan di sana).

TABLET GRAFIS

Keuntungan: Alam digunakan untuk siapa pun akrab dengan pena. Dapat merekam tingkat tekanan seperti titik lain dan perangkat klik.
Kekurangan: Dapat canggung untuk mengakses menu dan membuat pilihan. Desain yang lebih besar (A4 misalnya) yang mahal.
BARCODE

Keuntungan: Kode bar adalah metode cepat dan handal dari memasukkan data. Mereka dapat dibaca bahkan ketika mereka berada di permukaan melengkung atau terbalik dan cek digit yang disertakan dalam kode membuatnya cukup baik di kesalahan menolak. Kekurangan: Input adalah terbatas pada nomor kode. Lapisan tambahan kemasan yang dibutuhkan untuk multi-pack barang karena mereka membutuhkan barcode yang berbeda dengan yang pada setiap item.

Optical Mark Reader (OMR)

Keuntungan: Sebuah cara cepat dan umumnya dapat diandalkan memasukkan volume besar data sederhana. Kekurangan: Terbatas ke data capture cukup sederhana seperti pilihan dari menu atau menandai berpikir ada atau tidak ada. Tidak dapat digunakan untuk input teks dan masukan nomor membutuhkan nomor yang akan dipecah menjadi 0-9, 10-100 dll
Light pen
Kelebihan:
1. Direct pointing device (kendali langsung di permukaan layar).
2. Tidak memerlukan koordinasi antara mata dengan tangan.
3. Pengguna dapat langsung mengubah / memanipulasi apa yang tampak pada layar komputer.
4. Sangat berguna sebagai pointing and positioning device.

Kekurangan:
1. Saat menggunakan lightpen, sebagian layar tertutup oleh tangan.
2. Physical fatigue (kelelahan) atau melelahkan tangan. 
3. Tangan jauh dari keyboad.
4. Light pen harus di angkat.
5. Light pen dapat mengganggu layar.
6. Gampang rusak atau patah
7. Mudah hilang

Kamis, 15 September 2011

Tujuh Produk Gagal Apple


Steve Jobs baru saja mengundurkan diri sebagai Kepala Eksekutif Korporat (CEO) Apple Inc. Sepanjang sejarah perusahaan tersebut, tidak selalu produk yang mereka hasilkan mampu diterima dengan sangat baik oleh pasar – seperti yang saat ini melanda iPad, iPhone, dan iPod. Setidaknya ada tujuh produk gagal yang pernah dibesut Apple saat Steve Jobs masih berkarya di sana:
Apple III (1981)
Penerus Apple II yang sangat populer tersebut fokus ke pengguna bisnis dan tentunya harganya juga disesuaikan. Sayang, hardwarenya tidak handal. Apple kemudian kalah bersaing di pasar bisnis dengan IBM PC yang diluncurkan di tahun yang sama, dan juga pasar kompatibel PC yang tumbuh sangat pesat.
Lisa (1983)
Komputer komersial pertama yang diproduksi dengan antar muka grafis ini dipasarkan di harga US$9.995 saat diluncurkan. Begitu Macintosh yang harganya lebih murah diluncurkan setahun kemudian, Lisa kehilangan peminat.
NeXT Computer (1989)
Ini merupakan karya Steve Jobs setelah dipaksa keluar dari Apple. Komputer ini sangat canggih di masanya. Namun sama seperti Apple III dan Lisa, ia terlalu mahal untuk dimiliki oleh pengguna mainstream.
Puck Mouse (1998)
iMac merupakan produk penting pertama yang dihasilkan setelah Jobs kembali ke Apple pada tahun 1996 dan meraih sukses besar meski ia menggunakan mouse bulat yang kecil. Sayangnya, berhubung terlalu kecil, pengguna tidak bisa membedakan orientasi benda itu saat dipegang dan tidak terlihat karena tertutup oleh telapak tangan. Ini membuat mouse sulit digunakan.
The Cube (2000)
Komputer desktop kecil ini dilapisi oleh casing plastik yang sangat cantik. Ia memenangkan berbagai penghargaan dari sisi desain, namun gagal di pasaran karena harganya mahal. Ia juga tidak menawarkan kelebihan secara fungsional dibandingkan dengan komputer Mac biasa. Dari sisi desain, produk Apple ini melegenda, sayangnya tidak banyak orang yang ingin membayar mahal hanya untuk desain saja. Namun demikian, ide dari The Cube dilanjutkan oleh Mac Mini. Produk tersebut lebih berhasil di pasaran meskipun dari sisi desain, tidak istimewa.
iTunes Phone (2005)
iPhone bukanlah ponsel pertama Apple. Pada tahun 2005, Apple bekerjasama dengan Motorola Inc. untuk meluncurkan seri ROKR. Sebagai ponsel, Motorola ROKR cukup baik, namun sebagai pemutar musik, ia tertinggal jauh dibanding iPod. Ia hanya mampu menyimpan 100 lagu dan proses transfer lagu dari komputer sangat lambat. Apple juga dikritik karena tidak memperkenankan pengguna melakukan download lagu lewat jaringan seluler, sebuah limitasi yang juga diberlakukan pada pengguna iPhone generasi awal.
Apple TV (2007)
Upaya Apple untuk hadir di ruang keluarga dilakukan setengah hati, tidak seperti upaya Apple pada umumnya. Jobs sendiri belakangan menyebutkan bahwa Apple TV hanyalah merupakan hobi. Produk ini merupakan kotak kecil yang terhubung dengan TV serta ke Mac di rumah. Sebuah remote kecil memungkinkan pengguna memutar musik dan film dari Mac ke TV. Selain mahal, ia sulit dipasang dan digunakan. Film yang dibeli lewat iTunes juga beresolusi rendah dan tampak kabur di perangkat HDTV. Pada tahun 2010 Apple memperkenalkan Apple TV yang lebih murah, lebih baik, dan didesain untuk tersambung langsung ke Internet.

Mewarnai (Kitab Ngartun)


warna 01.jpg
Rasanya masih banyak dari rekan semua yang merasa kesulitan untuk mewarnai gambar yang mereka buat , padahal kegiatan mewarnai bagi sebagian orang lebih dulu dikenal ketimbang pelajaran menggambar seperti pada waktu kita masih duduk dibangku taman kanak-kanak. Memang memberi warna sebuah gambar itu susah-susah gampang. Banyak orang yang jago gambar merasa kesulitan dalam mewarnai gambarnya seolah olah mati kutu . . . dikasih warna ini salah , dikasih warna itu salah juga, padahal rencananya gambar tersebut akan dibuat berwarna. Akhirnya jadilah gambar berwarna yang tidak menarik he..he..(bercanda). Baiklah untuk mengurangi keterbatasan yang kita punyai dalam mewarnai gambar ada baiknya kita mengenal apa-apa saja yang perlu diperhatikan. Secara sederhana dapat kita ringkas beberapa hal tersebut. diantaranya komposisi warna, solid color, shading color dan hilight. Komposisi warna tentunya meliputi pengaturan pada perpaduan warna yang bisa saling melengkapi antara warna yang satu dengan yang lainnya sehingga kelihatan serasi dan enak dipandang. solid color atau warna yang rata atau datar dari suatu objek biasanya digunakan untuk pewarnaan dasar.Shading adalah area yang lebih gelap pada sebuah objek yang akan menimbulkan kesan 3 dimensi sehingga objek tersebut kelihatan mempunyai ketebalan. Hilight adalah area yang warnanya relatif lebih terang atau lebih muda pada suatu permukaan dari sebuah objek dan bisa memperkuat efek 3 dimensi satu objek. Nah, setelah kita mengenal beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam tehnik pewarnaan maka kita bisa langsung memperaktekannya.


Komposisi Warna


Rasanya belum ada rumus atau formula yang absolut dan tepat untuk menentukan komposisi warna yang bagaimana yang benar. Masalahnya ini bukan soal benar dan salah ataupun bagus dan jelek. karena masalah warna adalah soal selera dan setiap orang berbeda beda juga seleranya. Kalaupun ada sebuah buku atau apapun namanya tentang panduan mewarnai itu hanya sekedar bahan refrensi saja atau perbandingan antara perpaduan warna yang satu dengan warna yang lainnya. Nah . . berikut ini ada sebagian dari beberapa contoh komposisi warna yang bisa kalian jadikan bahan refrensi yang dibagi menjadi dua katagori yaitu komposisi warna dengan nuansa lembut atau biasa disebut warna-warna pastel. Warna pastel biasanya digunakan dalam pewarnaan yang berkesan manis, lembut, romantis dan lain sebagainya. Satu lagi adalah komposisi warna yang bernuansa keras atau kuat, biasanya digunakan untuk pewarnaan yang berkesan cerah, ceria , panas kuat dan lain sebagainya.


warna 02.jpg





warna Dasar


warna 03.jpgDalam menentukan warna dasar suatu objek sebagian dari kita kadang terjebak pada kata " biasanya" seperti warana daun dan rumput biasanya hijau. Warna genting rumah biasanya merah, Warna tanah biasanya coklat dan lain sebagainya. Hal tersebut tidaklah salah , cuma apabila kita terlalu berpatokan pada kata biasanya tersebut hasilnya juga paling ya seperti biasanya alias biasa biasa saja. Cobalah untuk bereksperimen sedikit dengan warna-warna lainnya yang bukan biasanya, bukankah jumlah warna itu sangat banyak. terlebih lagi apabila kita ingin mewarnai objek kartun kita bisa mengeksplorasi warna sebebas-bebasnya karena dunia kartun adalah dunia yang berbeda dengan realita. Jadi kita bisa bebas berkreasi dengan ribuan warna. Nah . . mari kita sekarang mulai mewarnai dengan memberi objek kita dengan warna dasar




warna 04.jpgShading


Untuk mewarnai sebuah objek supaya kelihatan atau mempunyai kesan 3 dimensi kita memerlukan shading atau area yang relatif lebih gelap atau lebih tua dari warna lainnya dari suatu objek. Penetuan shading tentunya berkaitan dengan cahaya. Jadi sebelum kita menentukan area mana yang lebih gelap dari objek tersebut kita harus menentukan dulu arah cahaya yang menimpa objek tersebut . Untu membuat shading kita bisa menggunakan tehnik gradasi warna. Buatlah daerah yang sekiranya kurang mendapat pencahayaan menjadi lebih gelap dan biarkan area yang mendapat lebih banyak cahaya tetap pada warna dasar. Pada tahap ini objek sudah mulai kelihatan mempunyai ketebalan dan kesan tiga dimensi sudah mulai terasa.


Hilight


warna 05.jpgJika efek shading dirasa masih kurang memadai untuk memberi kesan tiga dimensi, silahkan untuk diteruskan dengan memberi efek hilight. Untuk memberi sebuah area yang lebih terang dari suatu objek caranya tidak beda dengan memberi shading, karena baik shading maupun higlight berkaitan erat dengan tehnik pencahayaan, yaitu kita harus menentukan dulu arah cahaya yang datang, cuma yang ini kebalikannya. Biasanya yang biasa kita beri hilight adalah bagian bagian yang menonjol dan yang paling mungkin mendapat cahaya lebih banyak dari bidang lainnya.

WARNA DASAR

ADA berapa macam warna yang kamu tahu? Ada tiga kah? Merah, kuning, hijau? Atau ada lima ? atau mungkin seperti warna pelangi yang ada tujuh itu, me-ji-ku-hi-bi-ni-u?. Barangkali di sekolah kamu sudah mendapat pengetahuan ada tiga warna dasar. Coba apa saja warna dasar itu? Merah, Hijau, Biru? atau Biru, Merah, Kuning? Wah nampakanya ada dua warna dasar ya?
rgbMerah, Hijau, Biru, atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Red, Green, Blue (disingkat RGB) adalah ”warna dasar cahaya”. Sementara Biru, Merah, Kuning atau Cyan, Magenta, Yellow (CMY) adalah ”warna dasar tinta/cat/pewarna”.
Coba amati layar pesawat televisi berwarna kamu, setiap ”bintik” pixel di layar televisi terdiri dari kumpulan warna Merah, Hijau, Biru. Lambang beberapa stasiun televisi kadang mengandung kombinasi warna RGB ini.
HueSystemCMYWarna CMY kerap digunakan oleh percetakan, mereka mengatur komposisi warna pada alat cetaknya dengan sistem CMY ini.
Campurkan ketiga cahaya RGB, kamu akan mendapatkan cahaya putih, sementara campuran ketiga warna CMY akan memberi warna hitam. Warna-warna lain didapat dengan mencampurkan ketiga warna dasar masing-masing, misal campuran warna dasar cat biru dengan kuning akan menghasilkan warna hijau. Banyak sekali kombinasi warna yang muncul sehingga banyaknya warna jadi tidak berhingga.
spotlight_3”Warna” benda lebih ditentukan oleh cahaya yang jatuh kepadanya. Mengapa sebuah cangkir berwarna –misalnya—hijau? Jawabnya adalah karena cangkir ”menyerap” semua cahaya yang jatuh kepadanya (ingat cahaya ”putih” sebenarnya terdiri dari gabungan semua warna cahaya –ingat pelangi, klik disini --) dan ”memantulkan” warna hijau. Pantulan warna hijau ini lah yang diterima oleh mata kita, sehingga kita bilang cangkir itu berwarna ”hijau”.
Jika cangkir tadi memiliki ”warna cat putih” maka dia akan memantulkan “semua” cahaya yang jatuh kepadanya, jika cahaya merah di sorotkan ke cangkir “putih” tadi, yang nampak adalah “cangkir merah” begitu juga jika cahaya kuning atau biru, cangkir akan memantulkan warna yang sama, tidak ada warna yang “diserap”. Begitu juga jika cangkir tadi diberi ”warna cat hitam” warna apakah yang akan ”diserap”?. Bagaimana dengan cangkir dengan ”warna cat hijau” yang disorot oleh ”warna cahaya merah”??
Kesimpulannya, warna sebuah benda yang kita lihat ditentukan oleh ”warna benda” itu sendiri dan ”warna cahaya” yang jatuh kepadanya. Bukankan kita memang tidak bisa ”melihat” jika tidak ada cahaya?***
(dari berbagai sumber)

Minggu, 11 September 2011

Asal Muasal Nama Merk Elektronik Terkenal Dunia

Jika sahabat mengunjungi Toko Elektronik,sering kali kita disuguhkan begitu marak nama Merek Elektronik,ada yang menempel pada dinding atau plafon depan Toko Elektronik,kebanyakan hanya satu kalimat atau sekedar sebuah logo saja,terkadang kita sendiri tidak tahu apa maksu penamaan itu,namun karena kita seringkali memakai produk tersebut atau acap kali kita melihat nama-nama tersebut di televisi,media cetak dan lain sebagainya membuat kita menjadi sangat familiar atas nama merek produk tersebut,tanpa tahu maksud dan arti nama tersebut.
Tidak hanya di Toko Elektronik saja kita sering menjumpai Merek tersebut,bahkan hampir disetiap lingkungan kita sehari-hari baik itu di kantor,rumah,rumah makan ataupun di mobil terpampang produk dengan merek-merek ini,coba perhatikan produk Televisi,Kulkas,Mesin Cuci,AC,LCD,Handphone,Laptop ataupun Notebook semuanya mempunyai nama-nama yang sangat dikenal oleh kita.
Namun apakah kita menyadari bahwa nama merek yang terpampang di Toko Elektronik itu misalkan,adalah nama merek yang mempunyai nilai sejarah yang cukup panjang untuk di kenal seperti saat ini,untuk mengenal perjalanan nama merek tersebut tidak ada salahnya jika sahabat menelusuri lebih dekat bagaimana Merek-merek kelas dunia itu tercipta dan ternama :
1.Kodak
George Eastman merupakan pendiri dari perusahaan tersebut pada tahun 1888. Eastman mencari nama yang pendek untuk dijadikan merek dengan alasan lebih mudah diucapkan dan hanya merujuk kepada produknya. Kemudian dia mengatakan bahwa dirinya menyukai huruf “K” karena memiliki kesan kuat dan tajam dibanding dengan huruf yang lain. Setelah itu Eastman ingin memiliki sebuah merek yang diawali dan diakhiri dengan huruf “K”, setelah bermain dengan huruf akhirnya mendapatkan sebuah nama KODAK
2.Nintendo
Nama Nintendo bila diterjemahkan dalam bahasa inggris berati “Leave Luck to Heaven”. Nama Nintendo sendiri sebenarnya terasa lebih pas sebelum mereka bergelut di bidang video games, pada tahun 1889 telah membuka usaha kartu permainan Jepang yang disebut kartu Hanafuda dengan desain gambar-gambar bunga.
3.Sega
Sega memulai bisnisnya di Hawaii pada tahun 1940 sebagai penyedia game standart berupa mesin Pinball untuk memberikan hiburan para prajurit perang. Pada 1951, perusahaan ini pindah ke Tokyo, Jepang dan menamai dirinya “Service Games” untuk mencerminkan perusahaan bisnisnya di bidang mesin permainan yang menggunakan koin untuk memenuhi kebutuhan prajurit Amerika. Pada 1965, Service Games merger dengan Rosen Enterprises dan namanya disingkat menjadi SEGA.
4.Nokia
Perusahaan Elektronik Modern seperti Nokia pada awalnya bukan merupakan perusahaan selular seperti saat ini. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1865 merupakan pabrik kertas yang berada di Tampere, Finlandia. Ketika pemiliknya Fredrik Idestam membuka pabrik kedua di Nokia, Finlandia, dia ingin agar nama kota tersebut menjadi nama merek.
Nama kota tersebut diambil dari nama sungai yang melintasi kota tersebut, Nokianvirta River.
5.Toshiba
Toshiba dibentuk pada tahun 1939, merupakan hasil merger dari dua perusahaan. Tokyo Denki adalah perusahaan yang bergerak dibidang consumer goods dan perusahaan mesin Shibaura Seisakusho. Mengambil beberapa huruf didepan dari masing-masing perusahaan “TO” dan “SHIBa” maka lahirlah merek Toshiba.
6.Sanyo
nama Sanyo berarti “tiga lautan” dalam bahasa Jepang; pendiri perusahaan ingin menjual produknya melalui jalur samudra India, Atlantik, dan Pasifik untuk mencapai seluruh dunia.
7.Seiko
perusahaan pembuat arloji yang mengambil nama dari kata Jepang yang berarti “sempurna” atau “sukses”.
8.Canon
Ketika Precision Instrumen Laboratorium Optikal pertama kali mulai dikembangkan di Jepang, awalnya menggunakan lensa kamera 35mm yang dilengkap dengan focal plane shutter, para insinyur mengatakan bahwa ini merupakan penciptaan “Kwanon”, setelah dewi Buddha memberi petunjuk.Ketika kamera telah siap dijual di seluruh dunia pada 1935, perusahaan memutuskan untuk sedikit merubah nama menjadi “Canon” sehingga akan lebih mudah diterima bagi pasar internasional.
9.Sharp
produsen Elektronik nya mulai pada tahun 1912 bergerak dibidang logam untuk memenui toko Tokuji Hayakawa secara pribadi termasuk spesialis kancing gesper. Pada 1915, Hayakawa meningkatkan permintaannya menjadi pensil mekanik yang dikenal dengan nama Ever-Sharp, dan untuk menghargai karyanya, Hayakawa mulai menjuluki perusahaan itu “Sharp.”
10.Motorola
Pendiri perusahaan Paul Galvin memilih nama itu pada konvensi ejaan penamaan lama yang meletakkan “-ola” pada akhir kata nama-nama radio seperti Victrola. Sejak Galvin dan perusahaan yang membuat radio yang bisa dibawa kemana-mana, ia menggabungkan kata “motor” dengan “-ola” untuk mendapatkan nama merek tersebut.
11.Samsung
Samsung memulai usahanya pertama kali pada tahun 1938 ketika Lee Byung-Chull membuka “Samsung Store” di Korea. Toko yang pada awalnya difokuskan pada ekspor ikan kering dan buah-buahan, tetapi melompat ke elektronik di tahun 1960-an. Samsung merupakan sebuah bahasa korea yang berarti “bintang tiga,” yang memberi isyarat keberuntungan dari nomor tiga.
12.AMD
Kependekan dari Advanced Micro Device.
13.Apple,Inc
Pada saat awal berdiri, perusahaan Steve Jobs masih belum memiliki sebuah nama selama kurang lebih 3 bulan. Pada saat Steve Jobs makan buah apple maka tercetuslah ide untuk memberi nama perusahaan dengan nama Apple.
14.Casio
Awal berdirinya Casio merupakan pabrik Sub kontaktor. Nama Casio diambil dari nama pendiri, Kashio Tadao.
15.Compaq
Berasal dari kata Computer dan Pack yang mengartikan komputer kecil yang terintegrasi, sesuai dengan produk pertama mereka yang sangat compact Compaq Portable.
16.BenQ
Kependekan dari Bringing Enjoyment and Quality to life.
Jika akhirnya sahabat menyadari bahwa nama adalah penting bukan seperti filosofi yang kita sering dengar “ Apalah Arti Sebuah Nama” maka menciptakan nama terutama untuk menjalankan sebuah Peluang Usaha tidaklah main-main,apalagi jika kita yakini suatu saat Usaha kita akan besar.contohlah bagaiman nama Alfamart atau Indomaret atau BRI,dibangun dan di jaga imagenya sepanjang waktu,bagaimana menurut sahabat?

Sabtu, 10 September 2011


PERISAN 1

sabtu tanggal 10 september 2011 di area STIKOM surabaya di laksanakan PERISAN yang bertemakan Wawasan Spirit of Life yang berisikan tentang KEWIRAUSAHAAN dan MOTIVASI.

KEWIRAUSAHAN

tujuan seminar ini adalah untuk membangun motivasi entang kewirausahaan dan menumbuhkan kreativitas.arti umum dari kewirausahan adalah Wira artinya semangat, patriot, berani. Sedangkan Usaha yaitu kegiatan/ aktifitas untuk memebuhi kebutuhan hidup.Sebab-sebab munculnya wirausaha dan 3L yang dapat membentu kewirausahaan,yaitu:
a. Keadaan
b. Pengangguran
c. Cinta
  1. Lahir
  2. Lingkungan
  3. dan Latihan
    Objek studi Kewirausahaan
    Kewirausahaan mempelajari tentang nilai kmampuan dan perilaku seseorang dalam berkreasi dan berinovasi. Oelh sebab itu objek studi kewirausahaan adalah nilai-nilai kemampuan seseorang yang diwujudkan dalam bentuk prilaku.
    Menurut Suparman Soemahawidjaya kemampuan seseorang yang menjadi objek kewirausahaan meliputi:

    1. Merumuskan tujuan hidup
    2. Memotivasi diri
    3. Berinisiatif
    4. Berinovasi
    5. Membentuk modal uang/ barang
    6. Membentuk mental yang dilandasi dengan nilai agama
    7. Mengatur waktu dan membiasakan diri
    8. Membiasakan diri untuk mengambil hikma

    INTI KEWIRAUSAHAAN
    1. Inovatif (seorang wirausaha ingin selalu berkembang) berkembangnya tidak terbatas.
    2. Kalkulatif (seorang wirausaha selalu memperhitungkan resiko dan menerima resiko).
    3. Pro aktif/ jemput bola, kerja keras dan jelas


MOTIVASI

motif adalah dorongan
  • segala sesuatu yang membuat seseorang bertingkah laku tetentu.
  • suatu bentuk dorongan minda dan hati yang menjadi penggerak utama seseorang, sesebuah keluarga atau organisasi untuk mencapai apa yang diinginkan.
3 kunci dalam motivasi,yaitu :
  1. Intensitas
  2. Direction
  3. Persistence

Kebutuhan adalah kekurangan yang dirasakan pada waktu tertentu dan suatu keadaan internal yang menyebabkan hasil tertentu tanpak menarik.Kebutuhan dasar manusia merupakan unsur-unsur yang dibutuhkan oleh manusia dalam mempertahankan keseimbangan fisiologis maupun psikologis, yang tentunya bertujuan untuk mempertahankan kehidupan dan kesehatan.Manusia memiliki kebutuhan dasar yang bersifat heterogen.
Setiap orang pada dasarnya memiliki kebutuhan yang sama, akan tetapi karena budaya, maka kebutuhan tersebutpun ikut berbeda.
Dalam memenuhi kebutuhan manusia menyesuaikan diri dengan prioritas yang ada.
Lalu jika gagal memenuhi kebutuhannya, manusia akan berpikir lebih keras dan bergerak untuk berusaha mendapatkannya.
5 tingkatan kebutuhan
  1. Physiologi
  2. Safety
  3. Social
  4. Esteem
  5. Self-actualization

menurut McGregor teori kebutuhan ada 2,yaitu :
  1. Teori X
  2. Teori Y

Teori X
teori X dari McGregor ini bahwa orang-orang ini pada hakekatnya adalah:
    1. Tidak menyukai bekerja 2. Tidak menyukai kemauan dan ambisi untuk bertanggung jawab, dan lebih menyukai diarahkan atau diperintah 3. Mempunyai kemampuan yang kecil untuk berkreasi mengatasi masalah-masalah organisasi. 4. Hanya membutuhkan motivasi fisiologis dan keamanan saja. 5. Harus diawasi secara ketat dan sering dipaksa untuk mncapai tujuan organisasi..
Teori Y
teori Y ini menyatakan bahwa orang-orang pada hakekatnya tidak malas dan dapat dipercaya, tidak seperti yang diduga oleh teori X. Secara keseluruhan asumis teori Y mengenai manusia adalah sebagai berikut:
    1. Pekerjaan itu pada hakekatnya seperti bermain dapat memberikan kepuasan lepada orang. Keduanya bekerja dan bermain merupakan aktiva-aktiva fisik dan mental. Sehingga di antara keduanya tidak ada perbedaan, jira keadaan sama-sama menyenangka. 2. Manusia dapat mengawasi diri sendiri, dan hal itu tidak bisa dihindari dalam rangka mencapai tujuan-tujuan organisasi. 3. Kemampuan untuk berkreativitas di dalam memecahkan persoalan-persoalan organisasi secara luas didistribusikan kepada seluruh karyawan. 4. Motivasi tidak saja berlaku pada kebutuhan-kebutuhan social, penghargaan dan aktualisasi diri tetapi juga pada tingkat kebutuhan-kebutuhan fisiologi dan keamanan. 5. Orang-orang dapat mengendalikan diri dan kreatif dalam bekerja jira dimotivasi secara tepat. Dengan memahami asumís dasar teori Y ini, McGregor menyatakan selanjutnya bahwa merupakan tugas yang penting bagi menajemen untuk melepaskan tali pengendali dengan memberikan desempatan mengembangkan potensi yang ada pada masing-masing individu. Motivasi yang sesuai bagi orang-orang untuk mencapai tujuannya sendiri sebaik mungkin, dengan memberikan pengarahan usaha-usaha mereka untuk mencapai tujuan organisasi.
Persiapan dan Perubahan kerja,yaitu :
  1. bentuk sikap dan proaktif
  2. melayani banyak bidang lain
  3. selalu siap berubah
  4. tampil terbaik agar orang lain puas
  5. punya wawasan luas dan minat beragam
  6. peduli keterpaduan kerja
  7. perilaku merefleksi kepribadian
  8. kerja berpikir dan berpikir untuk bekerja
  9. work in plan and plan to work
  10. fun – excitement – dinamik

sekian yang hanya bisa saya ulah kembali saat pertemuan hari sabtu,10 sptember 2011 tentang PERISAN yang bertemakan Wawasan Spirit of Life.